pt pt

Kamis, 20 Januari 2011

Banjir di Kaltim

PERMASALAHAN AIR DI KALIMANTAN
Jalan-jalan ke kota kecil, ketemu kancil yang sangat mungil
Beli Anda berfikir kecil, maka akan menjadi orang yang kerdil……

Perjalanan Blogger selanjutnya yaitu Borneo…. Ya benar borneo yang sering juga di sebut Kalimantan.
Banyak premis-premis yang perlu di bahas tetapi tidak sepenuhnya di sini,,,kalian bias cari sendiri hehehehe,,,,Check this Up.
Kalimantan yang isunya akan dijadikan Ibu kota Indonesia. Wah perlu biaya besar untuk menuju kesitu. Tentu saja lebih baik di Jakarta dan bayar utang Indonesia dulu ya hehehee,,,,

Kalimantan memang cukup strategis dan tidak rawan bencana Alam seperti Gempa, Tsunami, dll, kecuali Banjir. Banjir di Kalimanta sudah hal yang biasa di dengar dan kita lihat di Berita Televisi
Pada dasarnya banjir itu disebabkan oleh luapan aliran air yang terjadi pada saluran atau sungai. Bisa terjadi dimana saja, ditempat yang tinggi maupun tempat yg rendah.
Pada saat air jatuh kepermukaan bumi dalam bentuk hujan (presipitasi), maka air itu akan mengalir ketempat yang lebih rendah melalui saluran2 atau sugai2 dalam bentuk aliran permukaan (run off) sebagian akan masuk/meresap kedalam tanah (infiltrasi) dan sebagiannya lagi akan menguap keudara (evapotranspirasi).
Sebenarnya banjir merupakan peristiwa yang alami pada daerah dataran abnjir, mengapa bisa alami??? Karena dataran banjir terbentuk akibat dari peristiwa banjir. Dataran banjir merupakan derah yang terbentuk akibat dari sedimentasi (pengendapan) banjir. Saat banjir terjadi, tidak hanya air yang di bawa tapi juga tanah2 yang berasal dari hilir aliran sungai. Dataran banjir biasanya terbentuk di daerah pertemuan2 sungai. Akibat dari peristiwa sedimentasi ini, dataran banjir merupakan daerah yg subur bagi pertanian, mempunyai air tanah yang dangkal sehingga cocok sekali bagi pemukiman dan perkotaan.
Itu faktor penyebab yg alami…. sekarang kita tengok yg tidak alami atau akibat dari perubahan
Ada dua faktor perubahan kenapa banjir terjadi
Pertama itu perubahan lingkungan dimana didalamnya ada perubahan iklim, perubahan geomorfologi, perubahan geologi dan perubahan tata ruang. Dan kedua adalah perubahan dari masyarakat itu sendiri
Hujan merupakan faktor utama penyebab banjir. Perubahan iklim menyebabkan pola hujan berubah dimana saat ini hujan yang terjadi mempunyai waktu yang pendek tetapi intensitasnya tinggi. Akibat keadaan ini saluran2 yg ada tidak mampu lagi menampung besarnya aliran permukaan dan tanah2 cepat mengalami penjenuhan.
Selain itu juga Kalimantan terdapat banyak proyek penebangan pohon secara liar. Itu juga akan mempunyai dampak negative kedepannya….
Sayangi bumi ini, sayangi alam, ku cinta Indonesia………

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar jika artikel ini bermanfaat dan maaf komentar yang macam - macam saya hapus

 
ENVIRONMENTAL CHEMISTRY | THANK YOU FOR VISITING